Profil Badge
'
Orang yang berjasa bagi??
29.11.07
Bill Atkinson

Bagi anda para penggemar Apple tentu akan sangat sayang sekali jika tidak mengenal tokoh yang satu ini. Beliau adalah Bill Atkinson, programerjenius dibalik QuickDraw, MacPaint, dan HyperCard. Bill Atkinson juga merupakan anggota tim Macintosh di Apple Computer.Sebagai salahseorang arsitek software di Macintosh, Bill juga seorang menjadi pionirdalam teknik pencetakan digital dan ahli dalam color manajement . Billtelah mengembangkan profil ICC untuk Calypso Imaging Inc.Bill bekerja di Apple Computer mulai dari akhir tahun 1970-an sampaiawal 1980-an. Dia adalah seorang lulusan dari University of California,San Diego, dimana seorang pencetus komputer Machintos, Jef Raskin,menjadi salah satu profesornya. Impiannya adalah untuk menjadikan komputer sebagai mesin yang memiliki kemampuan tanpa batas. Pertama-tama dia memberi kekuatan kepada kita agar mampu membuat karya grafis yang canggih. Sekarang ini beliau memberi kekuatan kepada kita untuk mengembangkan software tanpa perlu tahu satu baris kode pun. Hypercard telah membawa kita pada suatu titik diluar apa yang diperkirakan sebelumnya dimana orang mengira itu adalah hal yang mustahil.
Salah satu karya Bill yang cukup fenomenal adalah HyperCard. Munculnya HyperCard ini didasariatas dua hal. Ide pertama datang dari program Rolodex yang ditulis oleh Bill untuk mentrack artikel jurnal miliknya. Kedua berasal dari proyek penelitian tentang komputer generasi baru. Tiap hari Bill bangun jam empat pagi dan langsung menuju ruang kerjanya untuk menyelesaikan proyek ambisius ini. Bill mencoba untuk membuat packing algorithm baru yang mana algoritma ini dapat mengemas banyak sekali image tiap disk seperti yang kita harapkan.
Terobosan lain dari HyperCard ini adalah berkembangnya teknologi fast searching. Dalam penelitiannya, secara teoritis Bill memperkirakan bahwa kecepatan searching akan meningkat 100 kali lebih cepat. Akan tetapi setelah Bill mencoba secara langsung, ternyata hasilnya cukup mencengangkan. Kecepatannya ternyata 700 kali lipat. Setelah dicoba di perpustakaan kota Los Gatos yang memiliki 100.000 card atau 15 megabyte teks didalamnya, proses pencarian hanya membutuhkan waktu 2 detik! Kegairahan Bill untuk terus mengemb angkan HyperCard muncul manakala prestasi ini dicapai.HyperCard merupakan proyek Bill yang paling prestisius. Tidak seperti MacPaint, HyperCard ini dirancang dari atas. Hal ini akan memungkinkan bagi seseorang untuk lebih banyak lagi mengerjakan sesuatu dengan HyperCard. Ukuran HyperCard 15 kali lebih besar dari MacPaint. Sedangkan bahasa assembly HyperCard lebih besar daripada QuickDraw.
Salah satu hal yang sangat disesali oleh Bill adalah bahwa dia tidak menghubungkan cards dan stack dari masing -masing komputer personal mela lui jaringan sebagai ganti dari cards dan stack pada satu komputer. Jika hal ini dilakukan maka Bill dapat menciptakan browser internet yang pertama kali. Menurut Bill hal ini disebabkan oleh karena dia bekerja di lingkungan Apple Computer yang box-centric. Apabila dia berkembang di lingkungan yang network -centric seperti di SUN misalnya, HyperCard bisa jadi menjadi web browser pertama di muka bumi ini. Kelemahan Bill di Apple telah menghambat HyperCard menjadi web browser pertama. Perlu diketahui bahwa HyperCard ini telah dikembangkan sejak tahun 1980-an, beberapa dekade sebelum eksploitasi besarbesaran internet. Bill berpandangan bahwa jika HyperCard ini diterapkan secara global maka untuk mengakses website tertentu anda tidak pe rlu mentransfer website tersebut ke hard drive. Anda cukup membrowse sedikit demi sedikit. Hal ini akan lebih powerfull dibanding setumpukan stack pada komputer anda. Perkiraan Bill bahwa 100 tahun kedepan, nilai dari sebuah PC bukan terletak pada spreadsheet, pengolah kata atau dekstop publishing, akan tetapi pada web.
Sampai sekarang Bill masih menggunakan HyperCard. Buku alamatnya merupakan tumpukan HyperCard yang besar dan juga beliau menulis beberapa program yang akan membantu photografi dan perawatan websitenya. Istrinya, Sioux, yang ditemuinya di Apple, merancang aplikasi
HyperCard yang mana aplikasi tersebut mengerjakan semua inventori bisnis dan aku ntansi, mentrack galery yang memiliki gambar, klient dan akun pembayaran.
Setelah bekerja di Apple selama kurang lebih 12 tahun, kini Bill menjadi kepala peneliti di General Magic, sebuah perusahaan yang fokus dibidang pembuatan software untuk komunikasi personal dan agen digital serta menghabiskan masa tuanya dengan seni photografi alam digital. Bill bisa dikatan sebagai seorang world class full time nature photographer karena kontribusinya yang cukup besar pada seni photografi.Kecintaan Bill akan seni photografi alam sudah terlihat sejak umur 10 tahun. Dia gemar sekali mengkoleksi gambar-gambar foto kemudian ditempelkan di dinding kamar. Setiap hari Bill selalu mengamati gambar-gambar tersebut sehingga Bill menjadi terobsesi dan terinspirasi. Selama 35 tahun lebih Bill sering hiking melewati hutan dan gurun, meletakkan kameranya di bawah rintik hujan dan salju serta mencaripencahayaan yang bagus sehingga kecantikan alami yang tersembunyi dapat disingkap. Berikut salah satu petikan dari pernyataan Bill : ” By developing my skills as a fine art printmaker, I havebeen able to create expressive and archival photographs that faithfully share my experiences. As a pioneer of new color management and digital printing technologies, I have shared my expertise with many fellow nature photographers”.
Referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/Bill_Atkinson
http://www.billatkinson.com/aboutTheArtist.html
http://www.startribune.com/stonline/html/digage/atkinson.htm
http://www.free -definition.com/Bill-Atkinson.html
http://www.wired.com/news/mac/0,2125,54370,00.html
http://www.calypsoinc.com/data/instructors/billatkinson.html




Label:

Diposkan oleh Jatmiko Dwi Antoro @ 15.05  
0 Comments:

Posting Komentar

.::Thank's berat atas komentarnya::.

<< Home
 
About Me

Name: Jatmiko Dwi Antoro
Home: Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
About Me: Sang Pemimpi
Lihat Profilku
Previous Post
Archives
Links Teman
Powered by

BLOGGER