Profil Badge
'
Cerita Kerja Praktek dan Belajar Tracing Sketsa
18.5.10
Akhirnya bisa update blog lagi Mikoman, sudah beberapa hari nggak liat header narsis blog Mikoman yang lumayan agak kerbek (keren beken) rasanya rindu gimana getoo!! hahaha. Oh iya beberapa hari ini Mikoman emang lagi sibuk bergelut dengan namanya pemrograman aka merangkai sebuah algoritma untuk memecahkan sebuah masalah (gayanya nih anak), duh maaf belepotan nih bicaranya. Kerja Praktek MikoMan memang mempunyai tantangan yang lumayan buat ribet, and sedikit bikin pusing Mikoman beserta teman Mikoman dimana harus membuat Sistem Informasi yang Mikoman sebut Sistem Informasi Kelompok Tani. Nah Sistem Informasi tersebut akan mendata kelompok tani yang ada di kabupaten Sleman. Selain itu juga Sistem Informasi ini dapat mencacat data petugas pembina setiap kecamatan masing-masing kelompok tani,maksudnya mencatat kelompok tani yang ada di kabupaten Sleman yang melakukan penyuluhan terhadap kelompok tani. Petama kali lihat data yang diperoleh dari Departemen Pertanian, Mikoman langsung sedikit ragu dan bingung. Wah banyak amat datanya kok sampai bejibun gitu, bagaimana nanti bisa nggak nih dibuat sistem. Mikoman bingung mau mulai dari mana klo ada data sebanyak itu, mungkin harus dipermak dulu datanya. Kemudian Mikoman dengan teman sejawat praktek Mikoman bertanya kepada Pembimbing Kerja Praktek dengan data sejibun begitu apakah bisa untuk KP. Pembimbing berkata datanya terlalu banyak, kalian harus minta data yang lebih sedikit karena Kerja Praktek kan mempunyai batasan alias deadline waktu. Seperti dikejar Om Deadline akhirnya Mikoman memutuskan untuk bertapa beberapa hari di kost yang kata orang-orang mirip goa ini. Walapun mirip goa tapi orangnya baik hati dan tidak sombong hahaha. Setelah beberapa hari keluarlah beberapa isyarat oke, Mikoman pasti bisa ngerjain tuh Kerja Praktek aka KP. Bersiap untuk fighting for a long time.
Dengan seribu langkah Mikoman langsung memandangi komputer tua ini untuk bekerja dan ngetik (coba bayangkan mesin ketika tua dengan mouse hahaha). Mikoman memutuskan untuk membuat Sistem Informasi Kelompok Tani ini berbasiskan pemrograman Visual Basic alasannya Mikoman memang pecinta VB tepatnya Visual Basic 6.0. Sebenarnya pengen buat dengan berbasiskan Java dengan semboyan run every where tetapi Mikoman berpikir ulang jika memakai java apakah nanti akan selesai tepat waktu. Mengapa juga Mikoman memilih Visual Basic 6.0, alasannya ialah begini, begitu, begono dan ini. Walaupun katanya dah jadul tapi tetap eksis and masih banyak yang pakai sampai sekarang tuh aplikasi. Berbekal sedikit-sedikit pengetahuan tentang Visual Basic 6.0 dan berkat pertolongan pertamax buku dari pembelian dengan mengorbankan uang makan angkringan, uang makan snack,uang beli es the dan teman (teh manis) dan lain-lain, akhirnya sistem ini sebentar lagi selesai alias kelar dan segera launcing hehehe. Mungkin masih ada beberapa bug aka error yang nantinya akan ditemui dalam tahap pengujian. Makanya Mikoman masih belum berani untuk mempresentasikannya di Departemen Pertanian Sleman. Harus di testing-testing dan testing pastinya, serta Mikoman selalu ingat akan semboyan alon-alon asal klakson. Memang Sistem ini hanya terdiri dari modul manajemen Petugas,manajemen Kelompok Tani, manajemen Desa, Dukuh, Kecamatan, dan Kelas Kelompok yang menurut Mikoman masih sangat sederhana.
Tetapi ditambah dengan report dimana sistem harus bisa mencetak laporan data petugas dan data kelompok tani yang membuat Mikoman pusing. Intinya cetak database-nya yang pada aplikasi ini, MikoMan menggunakan Access sebagai databasenya. Masalahnya Mikoman masih newbie aka pemula untuk urusan Visual Basic dan ini juga belajar otodidak dari buku, dan internet.Tetapi Alhamdulillah Mikoman bisa mendapatkan Petunjuk dari Allah SWT bagaimana cara mengerjakannya. Mikoman sembari belajar pemrograman juga kemarin iseng-iseng belajar tracing gambar dengan corel draw X4 gimana tracing gambar sketsa untuk menjadi gambar berwarna tetapi dengan menggunakan media software. Kebanyakan tools yang digunakan brazier yang dipadukan dengan pen dan color warna agar telihat tuh gambar semakin hidup dan lebih hidup. Sekian dulu curhat di blog narsis Mikoman disambung jaka sembung besok lagi aja. See you bro,kang,mbak!!!. Doakan Kerja Praktek saya lancar hehehe.

Label:

Diposkan oleh Jatmiko Dwi Antoro @ 00.12  
0 Comments:

Posting Komentar

.::Thank's berat atas komentarnya::.

<< Home
 
About Me

Name: Jatmiko Dwi Antoro
Home: Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
About Me: Sang Pemimpi
Lihat Profilku
Previous Post
Archives
Links Teman
Powered by

BLOGGER