Profil Badge
'
Review Kerja Praktek
25.5.10

Aduh-aduh nggak ada habisnya pokoknya sekarang Mikoman membahas yang namanya kerja praktek, lumayan bikin pusing. Udah mungkin beberapa bulan ini Mikoman mengerjakan kerja praktek sembari mengerjakan tugas-tugas kuliah yang semester ini lumayan menguras otak dan tenaga karena ketemu yang namanya algoritma pemrograman dan jaringan. Dari menghitung IP (Internet Protokol) sampai mengerjakan yang namanya kerja praktek. Berikut adalah hasil dari kerja praktek Mikoman yang menurut Mikoman masih jauh dari harapan Mikoman, tetapi harus disyukuri karena selesai juga.

Mikoman menyebutnya “Sistem Informasi Kelompok Tani Departemen Pertanian Kabupaten Sleman”. Alasannya karena sistem ini bisa mendata kelompok tani kabupaten Sleman dan sekitarnya. Selain itu sistem ini juga dapat mencatat data petugas penyuluh untuk setiap kecamatan yang ada di kabupaten Sleman. Sistem Informasi ini merupakan sistem yang berbasis dekstop dengan menggunakan Visual Basic tepatnya Visual Basic 6.0. Mikoman juga menggunakan beberapa component seperti Crystal Report 8.5 tepatnya Seagate Crystal Report soalnya yang menurut Mikoman, report yang paling bagus ini. Selain itu Mikoman juga menggunakan component Active Skin 4.3, active skin berguna untuk mempercantik tampilan dari sistem informasi yang Mikoman buat. Intinya ini adalah skin untuk mengganti skin standar di visual basic 6.0, lumayan dari kerja praktek dapat ilmu baru pemrograman.


Pada sistem ini Mikoman membuat beberapa form untuk GUI (Graphical User Interface) setiap program seperti manajemen desa (dengan manajemen desa, petugas maupun admin dapat melakukan insert, update, delete data kategori desa), manajemen dukuh (dengan manajemen dukuh insert, update, delete dapat dikerjakan oleh user), manajemen kecamatan (dengan manajemen kecamatan insert, update, delete data kecamatan dapat dilakukan oleh user), manajemen kelas kelompok (dengan manajemen kelas kelompok insert, update, delete data kecatamatan dapat dilakukan oleh user). Manajemen setting user, dengan form ini kita dapat melakukan menambah user sistem informasi ini. Dalam kasus ini terdapat dua user yang dibedakan salah satu sebagai admin dimana hak akses dimiliki penuh oleh admin,  yang lain sebagai operator dimana user ini memiliki batasan tidak dapat melakukan manajemen user, menambah kategori atau manajemen desa, manajemen dukuh, manajemen kecamatan dan manajemen kelas kelompok. Terdapat juga menu untuk melihat printer yang aktif dengan perintah yang sederhana dari visual basic c.ShowPrinter klo lebih tepatnya seperti ini :

         Private Sub cekPrinter_Click()
                        c.ShowPrinter
         End Sub


Bagian terpenting dari Sistem Informasi yang Mikoman buat ini adalah form manajemen Petugas. User dapat melakukan insert, update, delete data petugas penyuluh di masing-masing kecamatan, dan manajemen data petani dimana berarti setiap user dapat melakukan insert, update, delete data petani di masing-masing kecamatan juga tentunya. Selain itu dalam sistem ini juga dapat melakukan cetak data petugas serta data kelompok tani yang dimasukkan user. Mikoman menggunakan component report Crystal Report 8.5, dengan component ini juga dokumen dapat diubah menjadi format PDF, sudah bawaan dari cystal report hehehe. Dengan menggunakan syntax pemanggilan seperti ini :

         Private Sub lhtPetugas_Click()
                        cr1.ReportFileName = App.Path & "\Petugas.rpt" // lokasi penyimpanan
                        cr1.DataFiles(0) = App.Path & "\Sleman.mdb" // nama database
                        cr1.WindowState = crptMaximized // ukuran jendela crystal report
                        cr1.Action = 0 // action atau cara proses
         End Sub


Mikoman juga memakai Active Skin 4.3 buat mempercantik tampilan Visual Basic 6.0 ini supaya tidak standar tampilannya, dengan menggunakan pemanggilan syntax seperti ini,ini di form utama ata MDI form :

         Private Sub MDIForm_Load()
                 Skin1.LoadSkin App.Path & "\Styles\Mac.skn" // lokasi nama skinnya
                 Skin1.ApplySkin Me.hWnd // Syntax manggilnya
                 Me.Caption = "Sistem Informasi Kelompok Tani" // Judul dari sistem di form
         End Sub


Sistem ini Mikoman buat dengan database Ms. Access karena disesuaikan dengan kondisi, situasi dan skill dari penulis hahaha. Mungkin sedikit dari Mikoman tentang review Kerja Praktek alias KP. Sebentar lagi KKN (Kuliah Kerja Nyata), tidak disangka cepat juga sudah 3 tahun menuntut ilmu. Semoga saya menjadi semakin pintar dan pintar hehehe. Doakan semoga nanti saat open house alias pengujian kerja praktek lancar dan dapat nilai bagus hehehe. 

Label:

Diposkan oleh Jatmiko Dwi Antoro @ 23.36  
1 Comments:

Posting Komentar

.::Thank's berat atas komentarnya::.

<< Home
 
About Me

Name: Jatmiko Dwi Antoro
Home: Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
About Me: Sang Pemimpi
Lihat Profilku
Previous Post
Archives
Links Teman
Powered by

BLOGGER